Proses Roasting Menentukan Rasa Kopi

Proses Roasting Menentukan Rasa Kopi

Didalam pengolahan kopi banyak sekali proses-proses yang dilewati biji kopi sampai jadi kopi siap seduh. Diantara proses itu ada yang dinamakan proses Roasting

Apasih Roasting itu? Roasting adalah proses membakar biji kopi di dalam open khusus. Proses roasting ini sangat menentukan kualitas kopi nantinya. 

Pada proses roasting biji kopi yang masih mentah akan mengalami banyak sekali perubahan. Mulai dari perubahan kadar air yang ada di dalam biji kopi, perubahan warna biji kopi yang semula hijau/coklat menjadi agak kehitaman, bahkan berat biji kopi pun akan berubah karena proses roasting ini. Inilah mengapa Rasa Kopi ditentukan dari Proses Rasting ini.

Sudah jelas kan mengenai pengertian Roasting? :D Sekarang kita akan membahas tentang fase-fase Roasting atau tahan-tahan dalam proses Roasting.

Ada 5 tahap dalam Proses Roasting ini. Berikut penjelasannya :

Tahap 1. Drying atau Pengeringan

Kalau habis memetik kopi di kebun biasanya biji bewarna hijau atau coklat kan? Terus pas udah melewati proses roasting biji kopi bewarna hitam kecoklatan? Ini penjelasannya.

Tahap Drying/Pengeringan ini untuk mengeluarkan kadar air dalam biji kopi mentah. Biji kopi mentah biasanya mengandung kadar air 7-11% dan kadar air itu harus dihilangkan. 

Biji kopi dimasukan didalam mesin Roasting dan dipanaskan sampai biji kopi benar-benar kering dan tidak ada kandungan air lagi dalam bijinya.

Tahap 2. Yellowing atau Penguningan

Setelah melewati tahap pengeringan kini biji kopi harus melewati tahap yellowing atau penguningan. Biji kopi yang sudah tidak ada kadar airnya akam mengalami perubahan warna dari hijau/coklat ke coklat kehitaman.

Di tahap ini biji kopi akan mengelupas dan mengembang. Apa yang mengelupan dan mengembang itu? Yang mengelupas adalah kulit biji kopi luar yang tipis dan yang mengembang adalah biji kopinya.

Proses ini menentukan kopi pada tahap selanjutnya karena kalau pengeringannya tidak tepat maka tahap-tahap berikutnya kopi akan tidak tersangrai secara merata.

Tahap 3. First Crack atau Pecahan Pertama

Pernah liat kan biji kopi? Pasti tengah nya ada pecahan nya dan retak-retak tipis pada pinggirnya? Proses pecahan itu terjadi pada tahap ini.

Proses pengeringan dan penguningan menghasilkan tekanan yang sangat tinggi pada biji kopi dan akhirnya biji kopi pun retak-retak dan menghasilkan pecahan di tengahnya.

Tahap 4. Roasting Development atau Membangun Warna Biji Kopi

Pada tahap ini biji kopi yang ada di dalam mesin roasting cenderung agak lembut dipermukaan tapi belum secara menyeluruh. 

Operator penjaga mesin roasting biasanya mengganti suhu mesin untuk menentukan warna dari biji kopi. Apakah Light, Medium, apa Dark Roast. Untun mengetahui perbedaan warna biji kopi simak penjelasannya disini.

Tahap 5. Second Crack atau Pecahan Kedua

Berbeda dengan proses First Crack, Tahap Second Crack akan memecahkan biji kopi yang kedua kalinya. Pada tahan ini minyak alami yang ada dalam biji kopi akan keluar.

Pada tahap ini karakter asam dalam kopi akan hilang tapi sebagai gantinya akan ada rasa-rasa jenis baru yang akan terbentuk dari proses ini.

Sekian penjelasan dari tahap-tahap proses Roasting. Proses Roasting memang sangat mempengaruhi hasil dari kopi nantinya. Kalau nge-Roasting nya asal-asalan pasti nanti rasa kopi juga asal-asalan hehe :D




----------------- Share this -----------------

Posted in  on 21.02 by Unknown |